Bisnis Tinggal Jalan

Mau bisnis tapi bisnis apa? Udah lama sih pengen bisnis tapi nyatanya sampe sekarang belum dapet mau bisnis apa, dari dulu cuma nyari nyari dan nyari. udah ada yang pengen eh ternyata gak cocok.
Kalo kayak gini abis buat nyari doang nih, untung kagak rugi waktu iya.
Kalian ada yang pernah ngalamin hal kayak gitu? Ya, bisnis memang perlu banyak pertimbangan, tapi terlalu banyak pertimbangan malah bikin kita gak terus menunda dengan berbagai alasan.
Sebenernya cukup pegang 5 poin ini aja untuk menjalankan bisnis,


Satu, Ramah !
Ini penting banget, harus jadi yang pertama dan utama. Percuma jualan tapi pelayanan judes, bukan laris malah tragis ! ya kalo barangnya dibutuhkan banget kayak beras, bensin dan bahan pokok lain, itupun kalo ga ada penjual yang lain
Tiap bisnis yang bagus pasti punya pelayanan prima, pelayanan yang mengutamakan kenyamanan konsumen, supaya apa? Ya supaya konsumen merasa puas, biar beli lagi lagi dan lagi.
Dari segi personal juga kita dapet manfaat yang sangat besar, mana ada orang ramah yang gak punya temen? Mana ada orang ramah gak diramahin orang? Gak ada! Bahkan terkadang orang yang beli justru bukan suka dengan produk kita tapi dengan keramahan kita dalam melayani 🙂
Dan ini efeknya besar buat personal, reputasi bisnis kita dan pastinya bisnis laris maniss .


Dua, Keunikan
Cari segmen bisnis yang unik, karena yang unik bakal mudah di ingat malah selalu di ingat di hati *ciee
Dengan keunikan produk kita lebih bisa bersaing. Unik gak harus berbeda dengan yang lain tanpa ada yang kesamaan, tapi bisa diambil pada beberapa hal, misal kemasan, rasa, bahannya, dll
Keunikan ini bisa menjadikan ciri khas yang melekat pada bisnis kita, contohnya Si Udin jualan Cilok biasanya di panggil Udin Cilok, dan itu menjadi nilai tambah karena semakin dikenal dan diingat ketika orang nyebut cilok ingetnya si Udin. Nah kalo kalian bisnisnya apa?


Tiga, Informasi detail
Dalam bisnis terutama yang dijalankan secara online, informasi produk dengan detail menjadi kewajiban. Karena antara penjual dan pembeli tidaklah bertatap muka secara langsung.
Maka dari itu perlunya informasi detail di awal sebagai bentuk penjelasan produk diperlukan supaya bisnis kita juga terkesan lebih rapi dan keliatan “NIAT” dalam berbisnis.
Hindari informasi yang terkesan “RIBET” dan membingungkan, detail tapi gak boleh ribet ini juga menyebabkan terkadang pembeli yang sudah dijelaskan tapi masih bertanya sesuatu yang sudah jelas dijawab. Jadi Detail itu harus, tapi Gak boleh Ribet.


Empat, Jenis Produk
Harus diakui kalo kualitas produk yang kita jual mempengaruhi cepat atau tidaknya produk laku di pasaran. Pastikan memang produk kita merupakan produk yang digemari, atau bermanfaat bagi konsumen. Coba aja bayangin enak mana kita nawar-nawarin ke pembeli sama kita diem tapi pembeli datengin kita?
Jadi kuncinya produk yang kita jual harus punya BRANDING yang bagus, atau gampangnya Terkenal jadi kan gampang tuh jualin produk yang udah terkenal di pasaran.
Kalo produk tersebut memang kita bikin sendiri maka kita harus membuat produk tersebut dikenal, entah karena manfaatnya atau apapun itu biar jualnya juga gampang.


Lima,Harga Produk
Yap ! Namanya produk pasti punya harga, orang namanya juga jualan produk pasti ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan produk tersebut.
harga juga yang memperngaruhi laris atau tidaknya produk kita, tau sendiri kan konsumen itu maunya ya beli dengan harga yang terjangkau, tanpa mengurangi kualitas. Disini tantangan bisnisnya gimana caranya produk bisa dijangkau banyak orang dengan kualitas yang baik.
Harga terlalu rendah juga gak boleh lho, harus disesuaikan dengan target market kita, seberapa daya beli mereka kita butuh pelajari teori untuk menetapkan harga, jangan asal kasih harga nanti jatohnya bukan untung !

Itu lima faktor yang bisa bikin bisnis kita laris manis, gimana? Bisa kan? Jangan kebanyakan mikir, bener kata Om Bob Sadino

“Bisnis yang bagus ya bisnis yang dijalankan, bukan ditanya terus”

Jadikan 5 poin diatas sebagai pertimbangan dalam melakukan bisnis.
Untuk menguasai kelimanya juga butuh proses lho gak asal langsung jadi, yang terpenting fokus pada tujuan utama.
Jadi udah bisnis udah jalan belum? Gak perlu mikir deh tinggal jalan aja, percaya aja cek disini aja semua udah kita siapkan kalian tinggal jalan.