JANGAN BIARKAN UANG THR-MU LENYAP!

Hai hai, berhubung Lebaran udah deket, Bonju mau kasih tips nih gimana cara atur porsi THR buat Lebaran. Tips biar THRmu nggak lenyap tiba-tiba tanpa bisa dilacak. Caranya, bagi porsi THRmu selama Lebaran menjadi 4 bagian:

1.KEPERLUAN MUDIKBagian ini paling penting untuk disiapin. Biaya perjalanan (tiket/ongkos) dan hal-hal yang berhubungan dengan perjalanan, kayak camilan, minuman, dan biaya jalan tol, masuk dalam bagian ini. Kalau pakai kendaraan pribadi, biaya servis kendaraan juga harus disiapin. Bisalah kalau 35% THR untuk bagian ini.

2. BELANJA
Oleh-oleh jadi hal wajib untuk dibawa saat Lebaran. Jadi, harus siap biaya yang nggak kalah besar. Ditambah kalau kamu mau beli baju baru dan bahan-bahan buat masak besar, harus pintar-pintar hitungnya. Siapin 25% untuk bagian ini.

3. SEDEKAH
Yang nggak boleh dilupain, bagian untuk sedekah. Selain untuk zakat fitrah, sedekah yang lain tak salah untuk dikeluarkan, kayak berbagi sembako atau ngasih amplop ke saudara-saudara. Heheā€¦. Sekitar 20% bisa kamu anggarkan untuk ini.

4. INVESTASI
Yang terakhir, investasi. Uangmu jangan dihabiskan semua untuk Lebaran. Sisihkan sebagian untuk coba diinvestasikan. Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakannya sebagai modal usaha, misal jualan camilan kekinian yang banyak dicari orang. Apalagi pas momen Lebaran dan syawalan, pasti banyak yang minat. Sisa 20% dari THRmu bisa untuk bagian ini.