Suka Jajan?? Ini 5 Ciri-Ciri Cemilan Berkualitas yang Wajib Kamu Tahu

Makaroni Bonju

Cemilan atau jajanan sekarang ini sudah menjadi salah satu bagian dari lifestyle masyarakat Indonesia. Terutama anak-anak pasti suka banget sama yang namanya cemilan. Walaupun banyak juga yang menganggap kalau cemilan itu nggak baik kalau banyak dikonsumsi. Selain karena bisa jadi penyebab berat badan naik secara drastis, tapi juga banyak yang menganggap cemilan berbahaya buat kesehatan.

Padahal jenis cemilan itu jenisnya banyak banget, tentunya ada dong cemilan yang berkualitas dan aman banget dikonsumsi. Nah, udah tau belum ciri-ciri cemilan yang aman?? Kalau kamu belum tau, simak artikel 5 ciri-ciri cemilan berkualitas yang wajib banget kamu tau.

Bahan Berkualitas

Makaroni Bonju

Hal yang pertama paling berpengaruh terhadap kualitas cemilan tentunya bahan bakunya. Bahan baku yang berkualitas akan menjadikan kualitas cemilan juga berkualitas. Beda cerita kalau bahan bakunya udah nggak berkualitas, nggak usah berharap cemilannya bakalan berkualitas bagus. Makanya sebelum kamu konsumsi cemilan kesukaan kamu, pastikan kalau bahan baku pembuatnya terjamin berkualitas. Salah satu hal yang bisa kamu lihat misalnya dari warna bumbunya. Kalau cemilan kamu jenis cemilan yang menggunakan bumbu tabur, maka pilihlah cemilan yang warna bumbu taburnya nggak nempel di tangan kamu. Kalau warna bumbunya nempel di jari tanganmu, maka kamu patut curiga jangan-jangan pewarna yang digunakan berasal dari pewarna pakaian. Hiii.. ngeri kan!!

Aroma

Makaroni Bonju

Selain harus nyari bahan pembuatannya yang beneran berkualitas, kamu juga harus memperhatikan masalah aroma dari cemilan favorit kamu. Cemilan yang berkualitas nggak akan mudah berubah aromanya. Biasanya untuk cemilan kering, aromanya akan bertahan kurang lebih 4-5 bulan. Oleh karena itu, perhatikan aroma dari cemilan yang akan kamu konsumsi, kalau belum ada 1 bulan sudah berubah aroma, maka bisa dipastikan kalau kualitas dari cemilan tersebut nggak bagus.

Higienitas

Makaroni Bonju

Higienitas atau kebersihan dari cemilan yang kamu makan juga penting banget untuk diperhatikan. Pastikan kalau cemilan kamu diproses dan dikemas dengan higienis. Cemilan yang diproses dan dikemas dengan nggak higienis bisa menyebabkan pencernaan kamu terganggu. Mulai dari cuma mules-mules sampai keracunan makanan yang bisa menyebabkan kematian, lho. Wadidaaaawww.. Ngeriiiii.

Terdaftar di BPOM

Makaroni Bonju

Nah, yang satu ini wajib banget kamu amati di bagian kemasan cemilan. Pastiin cemilan kamu benar-benar aman dengan terdaftar di BPOM/ DINKES PIRT dan memiliki tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertulis pada kemasan. Kalau kamu nggak menemukan tanggal kadaluarsa, disarankan untuk nggak mengkonsumsi cemilan kamu. Kecuali kalau cemilan yang kamu makan adalah jajanan pasar yang biasanya sehari emang udah basi.

Sertifikat Halal MUI

Makaroni Bonju Bagi kamu yang muslim, jangan lupa juga buat ngecek sertifikat Halal MUI. Dengan adanya sertifikat Halal MUI kamu akan terhindar dari cemilan-cemilan yang Haram. Lebih baik kamu nyari suplier atau distributor cemilan yang udah jelas punya sertifikat Halal dari MUI.
Nah, itu tadi beberapa ciri-ciri cemilan yang berkualitas. Kalau kamu sampai saat ini masih belum menemukan cemilan yang masuk ke semua kriteria tersebut, nggak usah khawatir lagi karena sekarang udah ada Makaroni Bonju, cemilan premium yang terjamin kualitasnya. Nggak cuman itu aja, tapi cemilan ini juga punya banyak varian yang wajib kamu cobain. Enaknya lagi, kamu nggak perlu kemana-mana, karena kamu bisa order cuman lewat hape aja. Asyik kan!!