5 Tips Mudah Anti Ribet Memulai Usaha Kuliner

Makaroni Bonju

 

Bisnis di bidang kuliner bisa dibilang sebagai bisnis yang nggak pernah ada matinya. Selain karena faktor gaya hidup konsumtif, tetapi makan memang kebutuhan utama dari setiap orang, maka hampir setiap hari orang pasti rela mengeluarkan uang hanya untuk jajan. Ditambah lagi modal untuk memulai bisnis di bidang kuliner yang terbilang cukup terjangkau dan keuntungan yang mencapai 100% – 200% tentu membuat bisnis di bidang kuliner banyak dilirik.

Maka nggak heran jika mendadak enterpreuner muda menciptakan produk makanan kekinian yang viral. Mulai dari skala kecil sampai dengan skala besar seperti restoran. Hal ini tentu akan menciptakan persaingan ketat yang menjadi sebuah tantangan sendiri. Tapi kamu nggak perlu bimbang, karena cukup simak artikel ini sampai habis, dijamin bisnis kuliner kamu maju pesat. Penasaran apa aja tips nya? Langsung aja ya…

  • Siapkan Modal

Makaroni Bonju

Bisnis nggak akan bisa berjalan kalau nggak ada modalnya, kan? Maka yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan modal apa aja yang kamu punya. Modal ini nggak hanya uang saja, tetapi juga tekad dan semangat yang nantinya harus kamu berikan untuk bisnismu. Setelah tahu berapa modal yang kamu punya, kamu bisa menentukan jenis kuliner apa yang akan kamu eksekusi, karena kuliner sendiri punya banyak jenisnya. Misalnya aja kamu bisa mencoba bisnis cemilan, selain karena produknya disukai banyak orang, modalnya juga relatif sangat terjangkau, kan?

  • Pilih Supplier Terpercaya

Makaroni Bonju

Setelah menentukan jenis kuliner apa yang akan kamu eksekusi, saatnya kamu mencari supplier yang terpercaya untuk bisnismu. Mencari supplier bukanlah hal yang sepele, kalau kamu salah mendapatkan supplier, maka kualitas produkmu juga patut kamu pertanyakan. Kalau kamu masih bingung mencari supplier yang terpercaya, kamu bisa melihat tipsnya di sini.

  • Cari Keunikan Produk

Makaroni Bonju

Nah, yang sering dilupakan oleh kebanyakan enterpreuner muda yaitu tentang keunikan produk. Produk yang nggak punya keunikan bakal kalah saing dengan produk yang punya keunikan tersendiri, karena keunikan dari produk punya nilai lebih di mata konsumen. Kalo kamu mau tau gimana sih cara mendapatkan keunikan dari produk kamu, bisa lihat tips nya di sini.

  • Buat Strategi Pemasaran

Makaroni Bonju

Modal punya banyak, produk kualitas bagus, unik banget juga tapi kok masih nggak laku ya? Jangan-jangan kamu belum punya strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran juga harus kamu pikirkan, misalnya aja pasar dari produk kamu itu siapa dan mau dijual dengan harga berapa. Penentuan harga ini harus kamu sesuaikan dengan pasar produkmu, jangan sampai harga produkmu kemahalan atau terlalu murah sampai-sampai biaya produksi nggak bisa tercover.

  • Promosikan melalui Sosial Media

Makaroni Bonju

Promosi dengan cara mulut ke mulut memang lumayan berefek bagus untuk bisnis kulinermu. Tapi sekarang ini, di jaman serba modern, kalau pengen bisnismu cepat berkembang, kamu harus mau mencoba promosi melalui sosial media. Misalnya aja kamu menawarkan promo atau diskon, dijamin bisnismu bakalan laris manis.

Beruntungnya sekarang ini sudah ada model bisnis dimana kamu nggak perlu pusing mikirin ribetnya produksi atau menyiapkan materi promosi. Misalnya aja kamu nyoba jadi reseller atau agen, jadi kamu tinggal terima jadi aja. Kamu nggak perlu lagi ribet ngurusin bahan baku atau produksi, kamu bisa fokus jualan dengan desain yang udah disediakan. Enak banget kan?