5 Cara Mudah Memulai Jualan di Instagram

Makaroni Bonju

Memulai bisnis online memang menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain potensi keuntungannya yang lumayan besar, tentunya juga fleksibel dan gampang banget untuk dilakukan. Tapi seperti yang kita tahu, kalau bisnis online sendiri masih luas banget media promosinya, bisa lewat website, Facebook, Twitter, Whatsapp, ataupun Instagram.

Dari beberapa kanal tersebut, memang kebanyakan enterpreuner menyasar Instagram karena dianggap lebih dekat dengan kehidupan masyarakat. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang 5 Cara Mudah Memulai Jualan di Instagram. Simak sampai habis yuk.

Upload Gambar Produk Resolusi Tinggi

Makaroni Bonju

Hal yang paling diperhatikan dalam online shop melalui Instagram adalah foto dan caption. Makanya, selain harus menyiapkan copywriting caption yang memukau, kamu harus memastikan kalau foto yang akan kamu upload punya kualitas yang sudah bagus. Selain diambil dengan kamera yang berkualitas, carilah angle yang pas untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Hasil foto yang bagus akan memikat calon pembeli produkmu dan menariknya untuk membuka akun Instagram kamu. Perhatikan juga waktu-waktu yang bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus. Biasanya waktu terbaik untuk pengambilan foto adalah ketika banyak cahaya matahari yang masuk, misalnya pagi atau sore hari.

Beri Video/ Foto Review Produk

Makaroni Bonju

Nggak ada salahnya lho, kamu upload video atau foto review produk yang kamu jual. Review atau testimoni dari konsumen kamu akan menambah rasa percaya calon konsumen barumu. Rasa percaya ini tentunya akan berdampak positif pada peningkatan penjualan atau omzet. Ditambah lagi, revenue dari produkmu akan lebih cepat. Makanya, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan gimana sih kesan konsumenmu terhadap produkmu yang baru aja datang, karena itu bisa berguna banget, loh.

Berikan Promo/Diskon

Makaroni Bonju

Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak tertarik sama yang namanya diskon. Hehe. Diskon menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan minat konsumen untuk order produk anda. Itulah kenapa banyak banget kita temukan diskon besar-besaran di mall atau pusat perbelanjaan.

Nah, buat kamu yang jualan online lewat instagram, diskon, sale atau bonus bisa juga kamu terapkan, tapi berilah syarat khusus. Misalnya aja harus follow akun instagram, share postingan, atau minimal pembelian. Artinya, walaupun kamu memberikan bonus khusus, kamu juga nggak akan rugi. Enak banget kan!

Berikan Pilihan Pembayaran yang Beragam

Makaroni Bonju

Coba bayangin deh kalau kamu mau belanja online tapi cuman bisa pembayaran lewat kantor pos, pastinya ribet banget kan! Harus antri panjang, lama, padahal jaman sekarang udah ada yang namanya e-banking dan m-banking. Makanya penting banget tuh buat kamu ngasih beberapa pilihan cara pembayaran. Misalnya aja tersedia beberapa rekening bank, jadi konsumen kamu udah nggak perlu kuatir masalah biaya admin bank.

Hindari Proses yang Terlalu Lama dan Ribet

Makaroni Bonju

Proses yang terlalu lama dan ribet emang jadi salah satu faktor yang bikin konsumen kamu kapok belanja di tokomu, atau bahkan membatalkan orderan. Makanya, salah satu prinsip yang harus kamu pegang dalam jualan online itu fast respond dalam pelayanan. Selain respon dengan cepat, perhatikan juga bahasa respon yang kamu gunakan. Usahakan tetap selalu informatif dan memakai bahasa yang sopan meskipun belom tentu calon konsumen tersebut order produk kamu. Kesan yang baik akan selalu membekas di ingatan calon konsumen, jadi nggak ada ruginya deh!

Nah, itu tadi beberapa cara mudah memulai jualan di Instagram supaya produk kamu laris di pasaran. Kamu bisa memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kamu sekarang. Tentunya gampang banget dipraktekkan bahkan kalau kamu pemula di Instagram. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!