5 Cara Jitu Memikat Konsumen Millenial

Makaroni Bonju

Nggak bisa kita hindari, kalau sekarang ini memang generasi milenial banyak berperan dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya bisnis. Selain karena memang secara usia, generasi milenial sudah memasuki usia produktif, tetapi memang generasi milenial punya budaya dan lifestyle yang cenderung konsumtif. Nyatanya, kalau dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya, generasi milenial memang sangat banyak menghabiskan uang. Oleh karena itu, nggak heran kalau banyak pelaku bisnis menyasar generasi milenial sebagai target pasar yang hijau.

Meskipun jumlahnya mendominasi, tapi menarik minat generasi milenial untuk membeli produkmu bukanlah perkara yang gampang. Selain karena saking banyaknya brand yang muncul, tapi memang generasi milenial punya pemikiran yang sedikit berbeda. Ada hal-hal yang harus dipenuhi ketika mereka membeli sebuah produk. Nah, buat kamu yang pengen mengincar generasi milenial jadi target pasarmu, ada baiknya menyimak artikel ini sampai habis. Langsung aja yuk,

Perkuat Branding

Makaroni Bonju

Mungkin masih banyak yang berpikir kalau branding itu nggak penting, atau ada juga bisnis yang nggak di branding tapi laku-laku aja tuh. Padahal branding ini penting banget, lho. Coba deh kalau dipikir-pikir lagi kenapa sih brand besar misalnya aja Channel bisa ngejual tas sampe harga puluhan bahkan ratusan juta? Sedangkan kalau ngomongkin produk lokal dengan kualitas yang sama, hanya dijual dengan harga ratusan ribu.

Bahkan dengan harga puluhan juta itu orang masih banyak yang rebutan, dan mewajarkan “harga” yang selangit itu. Kenapa? Ya karena branding yang berhasil. Begitu juga dengan generasi milenial yang lebih mementingkan gengsi. Makanya, inilah saatnya buat kamu untuk mulai fokus pada branding produkmu.

Cobalah Merambah Bisnis Online

Makaroni Bonju

Tingginya penggunaan smartphone di kalangan millenial harus kamu respon juga, dong. Gimana ngeresponnya? Ya dengan buka toko online, atau mulai beralih ke bisnis online. Tujuannya ya supaya produkmu lebih gampang diakses sama target marketmu. Jangan lupakan desain tampilan dan kemudahan mengaksesnya, karena desain tampilan yang simpel akan lebih banyak disukai oleh kaum milenial.

Aktif di Sosial Media

Makaroni Bonju

Bisnis online nya udah ada, tapi nggak punya akun sosial media. Hmm, mungkin ini saatnya kamu harus pertimbangkan hal ini. Generasi millenial itu menghabiskan hampir 70% waktunya untuk berinteraksi di sosial media. Oleh karena itu, kamu juga harus aktif di sosial media supaya tercipta interaksi dan muncullah ikatan. Kalau mereka udah suka sama kamu, pasti semua penawaran produkmu juga bakalan lebih mudah laris. Untuk aktif di sosial media setiap harinya, bisa kamu coba sapaan, memberikan tips, cerita lucu, sharing, atau tebak-tebakan. Intinya supaya mereka bisa merasa lebih dekat dengan brand mu.

Lihat apa yang Sedang Trending

Makaroni Bonju

Hal yang wajib kamu lakukan dalam melakukan komunikasi dengan generasi milenial adalah dengan berusaha sedekat mungkin dengan mereka dan merasakan apa yang sedang mereka alami. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kamu membuat konten, carilah dulu trend yang sedang terjadi. Hal ini perlu kamu lakukan supaya apa yang kamu buat bisa lebih ngena” dalam kehidupan mereka.

Adakan Kuis untuk Menambah Minat

Makaroni Bonju

Salah satu cara yang paling gampang untuk menarik minat konsumen generasi millenial adalah tantangan. Oleh karena itu nggak ada salahnya lho, kamu buat challenge atau kuis. Selain bisa menambah kedekatan, menambah awareness mereka tetapi juga akan menambah target pasar kamu. Enak banget kan!

Nah, itu tadi 5 Cara Jitu Memikat Konsumen Millenial yang gampang banget untuk dipraktekkan. Buat kamu yang baru mau mulai bisnis dan masih bingung caranya dapet suppliyer, bisa juga cek tipsnya di sini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!