5 Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Online Shop dengan Cepat

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Banyak yang berpikir kalau jualan itu gampang dijalanin. Eh, tapi jangan salah lho ya, walaupun keliatannya nggak punya toko fisik, jualan di online shop itu susah-susah gampang. Kalau cuma buka online shop nya sih bisa jadi emang gampang, karena tinggal buka akun di sosial media atau marketplace. 

Tapi, pertanyaannya sekarang, apa  online shop kamu punya omzet yang bagus? Kalau online shop kamu belum punya omzet yang bagus, nggak perlu khawatir lagi deh. Karena artikel kali ini bakal membahas tentang tips meningkatkan omzet penjualan dengan cepat. Makanya simak terus artikel ini sampai habis ya,

Riset Produk & Keyword

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Namanya juga jualan, jangan sampai salah jualan produk kan? Makanya penting banget buat kamu menentukan target audiens dari produkmu. Target audiens ini mencakup informasi tentang apa aja yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai, dan topik apa sih yang sering mereka bicarakan.

Kalau kamu udah tau semua informasi tersebut, kamu akan lebih mudah melakukan pendekatan sebelum memberikan penawaran produkmu. Ya, istilahnya kamu akan lebih mudah untuk menarik perhatian mereka gitu lho.

Optimalkan Kualitas Produk

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Iya, emang nggak gampang naikin harga jual dari produk kamu. Makanya harus ada value tambahan untuk konsumen supaya rela membayar produkmu dengan harga lebih tinggi. Apalagi persaingan pasar makin ketat, kamu harus selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk.

Soalnya konsumen akan sangat senang atau puas kalau produk yang mereka terima sesuai dengan ekspektasi yang udah mereka bayangkan. Beda ceritanya kalau produk yang mereka dapatkan beda dengan ekspektasi, atau bahkan di bawah standar. Ini bahaya banget, karena bisa jadi bumerang buat bisnismu sendiri lho.

Copywriting

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Nulis itu gampang atau susah sih?? Hmm, kalau dipikir-pikir sih pasti semua orang bisa nulis ya, tapi nggak semuanya bisa menghasilkan tulisan yang bagus. Iya kan? Hehe.

Apalagi kalau ngomongin tentang copywriting, pasti banyak yang menganggap kalau susah. Hehe. Intinya sih kamu harus bisa membuat orang tertarik lewat tulisan yang kamu tulis tadi. Tipsnya nih, jangan hardselling kepada konsumen. Bisa tuh kamu membahas hal yang sedang hype atau trending.

Dengan cara halus seperti ini, konsumen nggak akan ngerasa kamu sedang jualan. Jualan dengan cara yang elegan pasti lebih keren kan daripada harus maksa konsumen untuk beli produkmu.

Foto Produk

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Namanya online shop kan pasti jualannya lewat marketplace atau sosial media, makanya butuh banget yang namanya foto produk. Kualitas dari foto produk ini nggak bisa kamu anggep sepele. Kualitas yang bagus nggak selamanya harus menggunakan kamera yang bagus banget kok.

Walaupun kamu cuma punya kamera hape aja, kamu tetep bisa menghasilkan foto yang bagus kok. Misalnya aja dengan nyari properti yang menarik, komposisi warna, pengaturan cahaya, atau nyari sudut pengambilan foto yang nggak biasa. Pokoknya pastiin kalau foto itu bisa merepresentasikan produkmu dengan cara yang menarik.

Optimalkan Iklan

Makaroni Bonju | Tips Meningkatkan Omzet Online Shop

Memasarkan produkmu lewat marketplace atau website itu udah wajib banget hukumnya. Tapi inget ya, kalau itu bukan satu-satunya media yang bisa kamu gunakan. Boleh banget lho kamu manfaatin platform sosial media yang lagi trend atau banyak dipakai sama target konsumenmu. Misalnya aja kamu gunakan Instagram buat berinteraksi dengan konsumenmu. Bisa juga kamu pasang FB Ads atau IG ads buat nyari ikan baru.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk meningkatkan omzet penjualan dengan cepat. Nggak mau kan punya omzet yang gitu-gitu aja? Makanya langsung praktekkan aja! Semoga berhasil ya!