5 Hal yang Bakal Bikin Pelanggan Kamu Kecewa dan Kabur

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Kepuasan dari pelanggan memang jadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Makanya kekecewaan dari pelanggan adalah sebuah bumerang yang bisa membuat penjualan turun, nggak dapat profit dan berujung kebangkrutan. Nah, apa aja sih hal yang bakal bikin pelangganmu kecewa dan kabur ke kompetitor kamu? Baca sampai selesai ya.

Merasa Dibohongi

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Namanya bisnis online, pasti keputusan pelanggan untuk membeli produkmu karena faktor kepercayaan. Tapi, gimana ceritanya kalau kamu sudah menjanjikan ini itu ternyata yang didapatkan pelangganmu jauh dari yang sudah kamu janjikan. Pasti pelangganmu bakalan kecewa banget. Jadi, daripada menjanjikan ekspektasi yang terlalu tinggi mending main aman aja deh.

Terlalu Lama Menunggu Tanpa Kejelasan

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Siapa sih yang nggak sebel kalau kelamaan nunggu tanpa kejelasan, pasti semuanya sebel banget. Kelamaan nunggu tanpa kejelasan bisa menyebabkan pelanggan kamu marah dan kecewa, loh. Ngerinya lagi, pelanggan yang kecewa bisa nyeritain kekecewaan mereka ke semua orang yang mereka temui. Jadi pastiin kalau kamu selalu kasih kejelasan tentang status pengiriman ke pelangganmu yah!

Slow Respons

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Mungkin kamu pernah tau sebuah pepatah, pelanggan bisa jadi lupa dengan harga dan produkmu, tapi mereka nggak akan pernah lupa bagaimana mereka diperlakukan. Apalagi kalau ada komplain kok nggak ditanggepin. Beuh!! Pasti bakal membekas banget. Jadi usahain selalu informatif, fast respons dan jangan sampai menghindar ketika ada komplain.

Kurang Perhatian dengan Pelanggan

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Sebagai seorang penjual, pasti kamu sering melakukan kesalahan ini. Terlalu sering promosi barang jualan dan lupa buat membahagiakan pelangganmu. Hal inilah yang bisa bikin pelanggan kecewa dan menjauhi bisnismu. Kalau mau pelangganmu nggak kabur, jangan cuma sekedar menjual aja dong, tapi jadilah sahabat pelangganmu. Jadilah sahabatnya dan temukan kebutuhannya. Ok?

Harga Mendadak Naik

Makaroni Bonju | 5 Hal Bikin Pelanggan Kecewa dan Kabur

Namanya juga bisnis, pasti suatu waktu kamu bakal dihadapkan pada keputusan untuk menaikkan harga. Tapi, jangan pernah menaikkan harga mendadak. Lebih baik rencanakan kenaikan harga dengan matang. Pertimbangkan keberatan pelanggan yang bisa memunculkan penolakan dari pelanggan. Usahakan berikan value lebih ketika kamu memutuskan menaikkan harga.

Itulah tadi beberapa hal yang bikin pelangganmu kecewa yang harus kamu hindari. Kekecewaan yang dialami pelangganmu secara terus menerus bisa membahayakan bisnismu. Intinya berikan pelayanan yang maksimal supaya pelangganmu puas dan nggak lari ke toko sebelah. Semoga bermanfaat ya!