Pelanggan Kabur Nggak Jadi Beli? Coba 5 Cara Komunikasi Ini!

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

 

Sebagai pelaku bisnis online pasti sering kan nemuin pelanggan yang rewel, kurang sabaran, atau bahkan berakhir PHP. Nah pasti sering juga kan kamu ngerasa kesel, marah, atau emosi. Tapi inget ya, sebagai penjual atau CS kamu nggak boleh menunjukkan emosimu atau bahkan mengeluarkan perkataan yang nyinggung konsumen. Terus gimana sih caranya berkomunikasi dengan pelanggan supaya pelanggan nggak lari takut sama kamu? Simak artikel ini sampai habis ya!

Berikan Kesan Pertama yang Bagus

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Kesan pertama penting banget buat pelanggan kamu. Kalau kamu udah jutek duluan, ya jangan salahkan pelanggan kalau nggak jadi beli produkmu dan lari ke toko sebelah. Mulai sekarang, ramah ke calon pembelimu ya!

Gunakan Kalimat yang Komunikatif

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Ini juga penting banget nih! Jangan pake bahasa daerah atau bahkan bahasa planet lain yak! Intinya jangan bertele-tele kalau kamu mau menjelaskan produk yang kamu tawarkan. Mendingan pake kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jadi konsumen nggak bingung sama produkmu.

Tidak Menjelek-jelekkan Produk Lain

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Selain menggunakan bahasa yang gampang dimengerti, kamu juga harus bisa menjelaskan keunggulan produkmu. Eits, tapi tahan ya, jangan sampai kamu menjelek-jelekkan produk lain. Pelanggan akan menganggap kamu berlebihan dan justru bisa ilfil. Nggak mau kan? Lebih baik kalo kamu menjelaskan keunggulan produkmu untuk memenuhi kebutuhan pelangganmu.  

Sampaikan Keuntungan Bagi Pelanggan

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Selain harus fokus pada keunggulan produkmu, bisa juga loh kamu sampaikan keuntungan yang bakal didapatkan pelangganmu kalau beli produkmu. Tapi inget ya, sampaikan sesuai fakta, nggak berlebihan dan tentunya nggak nipu. Kalau salah ngomong, pelanggan bisa ngecap kamu penjual penipu dan boom! Hancurlah usahamu selama ini.

Dengarkan Pendapat Pelanggan

Makaroni Bonju | Cara Komunikasi dengan Pelanggan

Last, but not least dengarkan pendapat dari pelangganmu, apalagi kalau memang ada hal yang berpotensi mengecewakannya, komplain produkmu misalnya. Ambil sisi positif dari keluhan pelangganmu. Bisa jadi kamu justru nemuin ide bisnis baru yang lebih menggiurkan. Ya, kan?

Itulah beberapa cara berkomunikasi dengan pelanggan yang bisa langsung kamu praktekkan. Semoga bisa membantu penjualanmu jadi lebih baik lagi ya. Selamat mencoba!