Begini 5 Cara Mengatasi Bisnis Nyaris Kolaps yang Harus Kamu Tahu!

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Namanya juga bisnis, pasti kadang di atas tapi juga di bawah. Terlalu banyak mengambil hutang atau dana investor yang nggak jelas datangnya bisa mengakibatkan bisnis mendadak bangkrut. 

Eits!! Tenang, kemungkinan bangkrut itu bisa di minimalisir kok! Penasaran gimana caranya? Baca sampai habis ya!

Kencangkan Ikan Pinggang

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Hal yang pertama bisa kamu lakukan untuk mencegah bisnis bangkrut ya PENGHEMATAN alias kencangkan ikat pinggang. Usahain deh pangkas pengeluaran-pengeluaran yang nggak penting walaupun mungkin jumlahnya sedikit. Sedikit kalau dikumpulin juga lumayan, lho!

Jual Aset

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Udah melakukan ikat pinggang tapi masih merugi? Coba deh cek daftar aset kamu, jangan-jangan ada aset yang nggak penting tetapi menghabiskan banyak pengeluaran. Daripada disimpan tapi berujung makin merugi, mending jual aja deh. Misalnya aja kendaraan atau alat elektronik kantor yang nggak pernah dipakai.

Pertimbangkan Ide dari Team

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Sebagai owner, kamu nggak boleh egois lho. Coba deh sekali-kali dengarkan ide-ide yang dimiliki oleh team kamu. Bisa jadi ada ide segar yang bisa dieksekusi untuk menyelamatkan perusahaan. Tapi ingat juga, nggak perlu mengumbar kabar kebangkrutan bisnis supaya team kamu nggak khawatir.

Beralih ke Dunia Digital

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Teknologi informasi sekarang sudah berkembang sangat pesat. Nah, manfaatin deh perkembangan teknologi ini dengan baik. Sosial media bisa jadi salah satu strategi marketing yang empuk dan efektif untuk dilakukan. Buatlah konten menarik yang bisa meningkatkan awareness target market.

Fokus

Makaroni Bonju | Cara Mengatasi Bisnis Bangkrut

Fokus yang bisa kamu lakukan dalam hal ini adalah konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Selalu evaluasi sistem pelayanan yang dilakukan di perusahaan kamu. Pastikan konsumen diperlakukan dengan baik dan mereka puas baik dengan produk atau pelayanan.

 

Selain tips yang sudah dibahas, cara lain yang bisa dibilang paling jitu untuk mengjindari bangkrutnya bisnis adalah memastikan sistem yang sehat. Daripada pusing mengatur sistem, pasti enak banget kan kalau menjalankan bisnis yang sistemnya udah jalan dengan baik. Misalnya aja dengan gabung jadi agen makaroni bonju.