Mau Kasih Diskon dan Bonus untuk Pelanggan Tapi Takut Rugi? Ikuti Langkah Ini Sampai Selesai!

Makaroni Bonju | Cara Memberi Bonus Pelanggan Tanpa Rugi

Salah satu cara terbaik untuk merebut perhatian pelanggan untuk membeli adalah dengan memberikan diskon atau bonus bersamaan dengan produkmu. Walaupun produkmu bisa jadi sama dengan produk kompetitor, tapi dengan adanya bonus ini akan memberikan nilai lebih pada produkmu. Hal inilah yang bisa melejitkan penjualan produkmu.

Tapi kamu pasti masih ragu untuk memberikan bonus misalnya takut rugi karena margin profit produkmu yang rendah. Eits, ikuti langkah-langkah yang ada di artikel ini sampai habis ya!

Bonus Harus Sesuai dengan Produkmu

Makaroni Bonju | Cara Memberi Bonus Pelanggan Tanpa Rugi

Pilih bonus sesuai dengan produk utamamu. Misalnya aja kamu mau jualan makaroni, maka kamu bisa berikan bonus gratis ongkir, makaroni dengan varian yang berbeda, atau tumblr. Jangan berikan bonus yang nggak sesuai dengan produkmu. Misalnya kamu jualan makaroni kok bonusnya pulpen atau buku kan nggak nyambung namanya.

Dengan memberi bonus yang sesuai dengan produk utamamu, pelanggan akan merasa lebih untung karena ia langsung mendapatkan hal yang dapat mendukung efektivitas dari produk utama tadi.

Berikan sebagai Item Terpisah dari Produkmu

Makaroni Bonju | Cara Memberi Bonus Pelanggan Tanpa Rugi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memisahkan antara bonus dan produk utamamu. Misalnya nih, ada  Toko A menjual makaroni rasa nori dan rasa keju dengan harga 20 ribu. Sedangkan Toko B menjual makaroni rasa nori dengan harga 20 ribu dengan memberikan bonus gratis 1 pcs makaroni rasa keju.

Menurutmu sebagai seorang pelanggan, yang mana yang akan lebih menarik? Pasti Toko B akan kebanjiran order lebih banyak, karena pelanggan merasa lebih ekonomis meskipun jika dilihat dari harga, ya sama.

Berikan Tenggang Waktu yang Jelas dan Pasti

Makaroni Bonju | Cara Memberi Bonus Pelanggan Tanpa Rugi

Setelah selesai kamu pisahkan item bonus dan produk utama, jangan lupa juga berikan tenggang waktu yang jelas dan pasti. Tenggang waktu atau kasarannya deadline yang sudah kamu tetapkan akan memberikan efek psikologis segera melakukan tindakan, sehingga konversi penjualan produkmu bisa meningkat lebih cepat.

Satu hal yang harus kamu ingat adalah tepati janji. Misalnya sudah sampai pada tenggang waktu yang sudah ditentukan maka jangan pernah memperpanjangnya. Hal ini akan memberikan efek negatif pada psikologis pelanggan. Terburuknya, pelanggan bisa kapok belanja, loh.

Gimana, menarik kan pembahasan kali ini. Jadi sudah siap memberikan bonus untuk pelanggan kamu kan? Semoga beruntung!