Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini!

Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini! | Makaroni Bonju

Hayooo ngaku deh, berapa kali kamu ditolak sama pelanggan ketika praktek direct selling? Puluhan? Ratusan? Ribuan? Hahahaha… Tenang, itu semua masih bisa dibilang sebuah kewajaran kok. Sebuah penolakan bisa jadi sebuah feedback positif kalo kamu ngaku jadi sales yang produktif. Kenapa? bisa jadi lho kamu menggunakan pendekatan yang kurang sesuai sama target customermu. Terus gimana dong? Nah, sebelum bahas tentang pendekatannya, ada baiknya kamu pelajari beberapa macam ketakutan yang sering dialami oleh pelanggan. Apa aja sih ketakutannya? Simak di artikel ini sampai habis ya!

Takut Ditipu

Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini! | Makaroni Bonju

Ketakutan paling umum yang sering terjadi dalam dunia jual beli online ya ini, takut ditipu. Wajar banget kan, calon customer yang belom pernah ketemu sama kita takut ditipu sama kita. Apalagi sekarang marak banget penipuan olshop. Udah transfer eh malah kena zonk. Boro-boro barang dikirim, yang ada malah kena block. Tapi itu semua nggak bakal kejadian kalo kamu bisa menumbuhkan rasa trust ke customermu. Gimana caranya? Bisa kamu kasih SK ijin usahamu, bukti kalo emang jualanmu ini resmi nggak abal-abal, kasih testimoni pelanggan, atau kalo masih belom tokcer, yaudah kirimin aja foto KTP mu!

Takut Kecewa dengan Produk

Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini! | Makaroni Bonju

Nah ini, gambar atau foto produknya buagus banget tapi eh tapi pas barang dateng nggak sesuai spesifikasi yang udah ditulis. Biasanya untuk mengatasi ketakutan ini, cobalah menjelaskan spesifikasi produk dengan menggunakan bahasa yang dipahami sama masyarakat awam. Nggak usah lah kamu pake bahasa yang terlalu keren atau bahasa latin misalnya yang akhirnya malah menimbulkan kebingungan customer. Selain itu bisa juga diantisipasi dengan menggunakan foto produk yang realpict, alias jangan asal comot foto di google yak!

Pengalaman Masa Lalu

Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini! | Makaroni Bonju

Pengalaman masa lalu emang sering kejaaaam. Mendadak jadi inget mantan yak, hahaha. Tapi dalam konteks jual beli online nih, pengalaman pasti menentukan sikap dari si customer apakah ia akan melanjutkan transaksi atau nggak. Makanya penting banget nih buat kamu sebagai penjual untuk ngasih kesan yang bagus sehingga customer bisa ngelupain pengalaman masa lalunya yang lumayan pahit tentang beli lewat online.

Takut Kata-Kata Berlebihan dari Sales

Sering Ditolak Pelanggan?? Yuk, Pelajari Ketakutan Pelanggan Ini! | Makaroni Bonju

Ngasih jurus-jurus rayuan sih boleh-boleh aja. Tapi kalo udah pake kata berlebihan yang lebih cenderung ke memanipulasi customer sih BIG NO NO! Customer cenderung curiga kalo kamu pake kata-kata yang berlebihan. Daripada menggunakan kalimat berlebihan, ada baiknya kamu kasih keunggulan produkmu. Bolehlah kamu bandingkan dengan produk serupa, tapi jangan sampe menjatuhkan produk lain juga. Intinya sih, yakinkan customer kalo emang produkmu itu bisa menyelesaikan masalah mereka.

Nah, itulah tadi beberapa ketakutan yang umumnya dialami oleh para calon customer. Kamu bisa mengatasi masing-masing ketakutan dengan cara yang udah dijelaskan tadi. Kalo masih belum berhasil, cobalah pendekatan lain yang mungkin lebih cocok dengan profil customermu. Semoga berhasil ya!