Kuliah Sambil Jualan, Kenapa Tidak?

 

 

Kuliah sambil jualan kini sudah jadi hal umum. Mulai dari jualan roti bakar tiap malam, jualan jersey tim bola kesayangan, dropshiper jaket anime, sampai jadi reseller camilan kekinian yang jualan di sela-sela dosen menjelaskan. Memang nggak mudah untuk mulai dan menjalani, tapi selalu ada kalimat sakti untuk mengobarkan semangat, “Kalau udah suka, ya jalani aja. Dikuat-kuatin.” Kalau sudah berjalan pun, tetap ada konsekuensi yang harus diterima, seperti lelahnya raga dan pikiran.

Tapi…… Jangan terlalu terpaku kepada “Aduh, aku bisa nggak ya?”, jangan berfokus pada nggak bisanya. Fokus pada manfaat yang dapat diraup dari kuliah sambil jualan. Apa saja sih manfaatnya? Ini dia.

  1. Menambah Pengalaman dan Ilmu

Kodrat manusia memang untuk belajar hingga akhir hayatnya. Nah, dengan kuliah sambil jualan, kita akan mendapatkan ranah baru untuk menambah ilmu, selain kampus. Kita akan mengenal hal baru di tempat baru. Dan yang lebih mantap, kita akan menemukan sesuatu yang mungkin sebelumnya kita nggak pernah tahu dan rasakan.

  1. Memiliki Penghasilan Sendiri

Apa sih yang paling penting dari kuliah sambil jualan? Ya tentu, punya penghasilan sendiri. Hehe… Siapa sih yang nggak mau? Dengan punya penghasilan sendiri, kita bisa mengurangi beban orangtua, dan pastinya bisa disisihkan untuk tabungan.

  1. Menambah Kenalan

Ini nih yang menarik, menambah kenalan. Siapa tahu, setelah lulus kuliah nanti, kenalan-kenalan kita bisa jadi partner dalam mengembangkan bisnis dan jualan. Ingat, menyambung silaturrahim berarti menyambung rezeki. Hehe….

  1. Meningkatkan Level Percaya Diri

Pengalaman jualan saat masih kuliah akan meningkatkan level percaya diri saat sudah lulus nanti. Paling nggak, karena sudah pemanasan,  kita nggak kaget lagi saat nanti masuk dunia dengan persaingan yang lebih keras. Hahaha……

Nah, sekarang pilihan ada di tangan, mau lakukan atau nggak. Semoga manfaat-manfaat di atas nggak bikin galau berkepanjangan saat memilih. Dan yang pasti, hasil nggak akan mengkhianati proses. Semangat…….