Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh sebagian orang, tidak hanya umat muslim saja. Tidak sekedar semangat beribadah yang semakin meningkat, tetapi biasanya perilaku konsumsi masyarakat juga cenderung meningkat. Meskipun ramadhan kali ini berbeda dengan bulan ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, tetap saja kebiasaan konsumerisme di Indonesia masih tergolong tinggi. 

Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat agar peluang ini tidak menjadi bumerang bagi pelaku usaha. Nah, apa aja strategi yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan penjualan di bulan ramadhan ini? simak tipsnya sampai habis ya..

Pastikan Stok Produk Aman

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Hal pertama yang harus kamu perhitungkan sebelum memasuki bulan ramadhan adalah memastikan bahwa stok produkmu cukup selama bulan ramadhan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kekosongan produk dari lonjakan permintaan selama libur, khususnya H-7 dan H+7 Lebaran. Idealnya penambahan ketersediaan produk di masa seperti sekarang ini adalah 2 hingga 3 kali lipat. Jika kamu bisa menghabiskan stok 2 kali lipat saja sudah luar biasa.

Buat Desain/ Produk Spesial Ramadhan

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Kamu sebagai pelaku usaha bisa memanfaatkan momen ramadhan untuk mengeluarkan produk-produk baru. Misalnya aja untuk bisnis makanan, kamu bisa mengeluarkan produk kemasan baru khusus ramadhan atau lebaran dengan penawaran yang terbatas. Hal ini bisa membuat calon konsumenmu jadi lebih tertarik untuk beli produkmu lho.

Siapkan Bundling Ramadhan

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Langkah selanjutnya setelah kamu mengeluarkan produk khusus ramadhan adalah dengan memberikan paket promo atau bundling dengan produk yang sudah ada sebelumnya. Promo bundling biasanya lebih diminati karena konsumen akan merasa lebih untung atau lebih hemat.

Sesuaikan Jam Layanan

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Disadari atau tidak, selama bulan ramadhan pasti banyak yang berubah termasuk salah satunya adalah jam aktif. Karena kegiatan yang berubah, biasanya konsumen akan lebih aktif pada jam-jam setelah sahur dan setelah isya. Oleh karena itu, kamu sebagai pelaku bisnis juga harus menyesuaikan jam layanan dengan konsumen. Ini supaya kamu bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Ibaratnya kamu ngasih umpan di kkolam yang banyak ikannya, pasti bakal lebih gampang kan!

Maksimalkan Pemasaran Lewat Sosial Media

Strategi Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan | Makaroni Bonju

Entah sejak kapan, setiap bulan ramadhan pasti jam sekolah, kuliah, atau kerja kantoran pulang lebih awal. Apalagi di masa pandemi speerti sekarang ini, yang semuanya dilakukan dari rumah pasti merubah kebiasaan dari calon konsumen. Banyaknya waktu kosong yang dimiliki konsumen pasti larinya ya rebahan sambil scrolling sosial media. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha harus lebih peka dan memanfaatkan momentum ini dnegan melakukan pemasaran lewat sosial media. Nah, untuk pembahasan optimalisasi jualan lewat sosial media khususnya Instagram, kamu bisa cek di sini ya. 

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meraup banyak keuntungan di bulan ramadhan kali ini. Gimana, strategi apa aja yang sudah kamu lakukan? Coba tulis di bawah ya gimana hasilnya! Semoga berhasil!